Friday, December 21, 2012

0 Pilkades Serentak Rawan Konflik



PanturaNews (Brebes) - Belasan desa ditengarai sebagai wilayah rawan konflik. Bahkan peta kerawanan desa konflik itu menyebar hampir di seluruh kecamatan yang ada. Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah, saat ini tengah melakukan persiapan untuk pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 139 desa. Namun untuk masa tahapan akan diberlakukan sistem zona atau pergelombang.

"Gelombang satu, meliputi desa di wilayah selatan yang terdiri dari 6 Kecamatan, antaralain, Paguyangan, Bumiayu, Bantarkawung, Salem, Sirampog dan Tonjong dimulai pada 3 Desember 2012 dan hari pemilihan pada 5 Februari 2012," ujar Kepala Bagian Pemerintahan Desa, Drs Tatag Koes Adianto MSi, Kamis 20 Desember 2012.


Sementara gelombang kedua, kata Tatag, meliputi desa di Kecamatan Jatibarang, Songgom, Larangan, Ketanggungan, Kersana dan Banjarharjo, tahapan dimulai tanggal 10 Desember dan hari pemilihan pada 12 Februari.

Serta gelombang ketiga meliputi desa di wilayah utara pada Kecamatan Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung dan Losari tahapannya mulai tanggal 17 Desember dan hari H pemilihan pada 19 Februari 2012 mendatang.

Menurutnya, dari 139 desa yang akan melaksanakan Pilkades tersebut, 132 desa diantaranya memang telah habis masa jabatan kepala desanya. Sementara 7 desa lainnya, saat ini tengah mengalami kekosongan kades karena berbagai faktor, seperti diberhentikan, mengundurkan diri hingga meninggal dunia.

"Untuk pelantikannya oleh Bupati dan disesuaikan dengan masa habis jabatan kades lama," terangngya.

Dia menjelaskan, dari 139 desa yang akan melaksanakan Pilkades itu, belasan desa diantaranya sebagai wilayah rawan konflik. Bahkan, peta kerawanan desa konflik itu menyebar hampir di seluruh kecamatan yang ada.

Namun demkikian, perhatian ekstra diberikan kepada 16 desa, masing-masing di Kecamatan Brebes sebanyak tiga desa, Wanasari empat desa, Bulakamba tiga desa, Tanjung satu desa, Losari dua desa dan Paguyangan satu serta Tonjong ada dua desa.

"Sedini mungkin kami melakukan antisipasi dan meminimalisasi potensi konflik di Pilkades dengan berbagai persiapan," tandasnya.                                                                                                           
 

Kabar Brebes Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates