Friday, January 4, 2013

0 Jalur Neraka Bumiayu-Salem



PanturaNews (Brebes) - Kondisi jalan provinsi ruas Bumiayu-Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, rusak parah. Kerusakan ada di banyak titik di jalan sepanjang sekitar 35 kilometer tersebut.

Pengamatan PanturaNews.Com, Kamis 03 Januari 2013 di lokasi nampak keruskan cukup parah, dari aspal yang mengelupas yang mengakibatkan jalan berlubang, sampai retak-retak akibat penurunan badan jalan. Di banyak titik jalan juga mebentuk kubangan air yang sangat menyulitkan bagi pengguna jalan.

"Kerusakan cukup parah di hampir sepanjang jalan mulai Bumiayu sampai Salem," tutur Wardono (48) salah pengguna jalan warga Bantarkawung.

Kerusakan terjadi sudah sejak pertengahan tahun 2012 lalu dan makin parah sejak masuknya musim penghujan. Drainase yang tidak terpelihara dan banyak ditumbuhi rumput makin memperparah kerusakan jalan.

"Kalau hujan airnya meluap ke badan jalan karena drainasenya tidak terawat," ujar Wardono.

Menurutnya, jalan provinsi tersebut sering dilakukan perbaikan tapi hanya sebagian-sebagian dan terkesan tambal sulam. Perbaikan tidak dilakukan secara menyeluruh, sehingga jalan selalu rusak sepanjang tahun. "Penangangan kurang maksimal, sepanjang tahun jalan tidak pernah beres," ketus Wardono.

Warga berharap tahun 2013 ini dilakukan perbaikan jalan Bumiayu-Salem secara menyeluruh. Mengingat jalur tersebut merupakan jalur utama yang menghubungkan Bumiayu, Bantarkawung dan Salem. "Ini jalur perekonomian kalu rusak perekonomian warga juga terhambat," kata warga lainnya, Sunarto (58).

Kerusakan jalan juga mengakibatkan jalur itu rawan terjadi kecelakaan, terutama pada malam hari karena terbatasnya lampu penerangan jalan. Seringkali pula pengguna jalan saling berebut jalan karena banyaknya lubang. "Sering rebutan jalan antara pengendara kendaraan sehingga sering terjadi kecelakaan," pungkas Sunarto.
 

Kabar Brebes Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates