Thursday, December 20, 2012

0 Korban Puting Beliung Ciomas dapat Bantuan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes, Rabu (19/12) menyalurkan bantuan beras dan logistik kepada korban bencana angin puting beliung di RT 03 RW 02 Desa Ciomas, Kecamatan Bantarkawung yang terjadi Selasa (18/12).

Bantuan diserahkan Kabid Kedaruratan Logistik BPBD Brebes Hasan Mudafar SH, diterima oleh dua Kepala Kelauarga (KK) yakni Warsiti (65) dan Boge (35) didampingi Kepala Desa Ciomas Sarpin.

Kepada korban, Hasan mengatakan bantuan itu sebagaai upaya perlindungan yang dilaksanakan oleh pemerintah bagi masyarakatnya yang terkena dampak bencana angina puting beliung.


"Bantuan ini juga sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dasar sekaligus menyampaikan turut prihatin kepada korban. Kami berharap bantuan yang diberikan bisa mengurangi beban dan dapat bermanfaat," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menghimbau kepada masyarkat untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan terutama dalam menghadapai perubahan cuaca.

"Kita minta masyarakat untuklebih peka dan waspada terhadap tanda-tanda terjadinya perubahan cuaca yang ekstrim. Terlebih Kecamatan Banarkawung sendiri berada di dalam daerah yang rawan terjadi bencana alam," jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bencana puting beliung merobohkan satu rumah hingga rata dengan tanah dan satu rumah mengalami kerusakan parah akibat tertimpa pohon yang tumbang.

Boge salah seorang korban bencana alam mengaku dirinya belum dapat beraktivitas sebagai buruh tani seperti biasanya. Rumah yang dihuni bersama tiga anggota keluarganya yakni Supri (33), Warsui (70), Nia (9) dan Doni (12) rata dengan tanah setelah roboh diterjang puting beliung.

"Saya sangat bersyukur, karena keluarga selamat dari musibah ini. Meskipun kami terpaksa harus mengungsi ke rumah kerabat karena tidak bisa menempati lagi rumah yang roboh," ungkapnya.

Sementara Sarpin, Kepala Desa Ciomas mengatakan, bersama warga lainnya dan perangkat desa secara gotong royong membersihkan sisa puing-puing rumah korban dan memperbaiki banunan yang mengalami kerusakan.
 

Kabar Brebes Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates