Wednesday, December 5, 2012

2 Inilah Salah Satu Potensi Brebes Selatan

PAGUYANGAN - Potensi yang dimiliki Desa Ragatunjung, Kecamatan Paguyangan cukup menjanjikan. Bagaimana tidak, meski berada di wilayah cukup jauh dari pusat pemerintahan, namun kekayaan sumber daya alam di wilayah tersebut layak untuk dikembangkan.
Sebut saja curug Penganten yang ada di wilayah Dukuh Sijampang, selain bisa dijadikan obyek wisata juga merupakan sumber penyedia air bersih bagi warga. 

Kepala Desa Ragatunjung Mochammad Syafei mengatakan, potensi lain yang tidak kalah beras adalah pada sektor perkebunan pisang. Di mana terdapat sedikitnya 10 hektar lahan tanaman pisang warga mampung menghasilkan 1,5 hingga 2 ton lebih setiap minggu.


"Kalau di lihat dari potensi yang kita miliki memang cukup melimpah hanya saja potensi tersebut belum bisa termenfaatkan dengan baik namun, bagaimanapun juga potensi ini akan kita olah dengan baik," ungkapnya, Kamis (29/11).

Menurutnya, rencana pengelolaan berbagai potensi yang di miliki desa tersebut terutama di bidang perkebunan, merupakan program yang akan terus dikembangkan. "Beberapa potensi tersebut merupakan salah satu potensi yang memang sudah di kelola oleh masyarakat hanya sangat perlu dukungan dari pihak pemerintah," katanya.

Dukungan dari pemerintah lanjut dia, terutama dalam hal teknis pengelolaan, serta pola dalam mengelola potensi tersebut sangat di butuhkan. Sebab saat ini warga baru dapat memanfaatkan potensi perkebunan tersebut sebatas menjual ke luar daerah dalam bentuk utuh pasca panen.

"Bukan tidak mungkin potensi perkebunan pisang ini dapat dimanfaatkan warga untuk diolah menjadi beragam jenis makanan dan baru di lepas ke pasaran, tentu hasilnya juga akan berbeda," jelas Syafei.

Dikatakan, sektor perkebunan merupakan sektor yang sudah menyatu dengan masyarakat, namun masih perlu difasilitasi pemerintah. Kendala besar yang dialami masyarakat saat ini masih sangat terbatasnya pemahaman produksi maupun managereial pasar yang dimiliki masyarakat masih sangat terbatas. 

"Minat mereka cukup tinggi untuk menekuni bidang ini namun berbagai keterbatasan juga merupakan tantangan bagi mereka baik di bidang kemampuan modal, pengetahuan, maupun teknis pengelola juga belum dikuasai masyarakat kita," pungkasnya. 
Sumber: RadarTegal
 

Kabar Brebes Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates