Thursday, December 6, 2012

0 Astagfirullah! Separuh Anak Brebes Kurang Gizi

Ilustrasi (detik.com)
Permasalahan kekurangan gizi hingga tingkat kronis atau dikenal dengan istilah stunting, banyak diderita oleh anak-anak di wilayah Kabupaten Brebes. Bahkan data dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Brebes menyebutkan angka stunting telah mencapai 47 persen dari jumlah anak.
Kepala Bidang Pemerintahan, Sosial dan Budaya (Pemsosbud) Bappeda Kabupaten Brebes Drs Khaerul Abidin MM Rabu (5/12) mengatakan, tingginya angka stunting itu memang menjadi permasalahan sendiri terhadap tingkat pertumbuhan manusia kedepan. Menurutnya, anak atau bayi yang mengalami stunting bisa menyebabkan produktifitas otak lemah. Sehingga saat dewasa atau 20 tahun kemudian, mereka tidak akan bisa menjadi manusia yang produktif. 


Sedangkan secara medis, lanjut dia, anak dan bayi yang mengalami stunting juga berpotensi mengalami penyakit diabetes, jantung, stroke dan penyakit lainnya. Menurutnya, saat ini Bappeda telah melakukan pengambilan gambar terhadap penderita stunting baik di puskesmas-puskesmas maupun di lingkungan tepat tinggalnya dan penggalian data. Hasilnya, saat ini telah disampaikan ke Komisi IV DPRD Kabupaten Brebes. 

"Dewan dan Unicef telah merespon positif dan mereka siap untuk mendukung advokasi stunting," ujarnya. 

Melalui advokasi itu, lanjutnya diharapkan penanganan stunting bisa dimasukan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengan (RPJM) Kabupaten Brebes. Sebagai langkah awal, pada tahun 2013 nanti akan diadakan program pemberian mikronutrion di seluruh Kabupaten Brebes bagi anak di bawah usia 2 tahun. 

Aksi mengurangi tingkat stunting juga akan terus dilakukan hingga tahun 2016 bekerja sama dengan SKPD terkait serta PKH dalam menjalankan tiga strategi pokok, yaitu koordinasi, pelatihan (capasity building) dan sosialisasi perubahan perilaku pada masyarakat. Dengan demikian diharapkan pada tahun 2014 mendatang angka stunting bisa turun 5 persen dari jumlah penderita sesuai target per tahun.
 
Sumber: RadsarTegal
 

Kabar Brebes Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates