Monday, December 17, 2012

1 Pemekaran Brebes Cuma Mainan Elit Politik

Ketua Majelis Wilayah Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Bumiayu H Taufik Tohari dalam kapasitasnya sebagai pribadi menyatakan mendukung pemekaran Kabupaten Brebes. Ia meminta tim pengusung kompak karena proses pemekaran akan melalui proses politik yang panjang dan melelahkan. 

“Pembentukan Kabupaten Brebes Selatan masih sangat panjang. Dibutuhkan kekompakan untuk menjaga semangat pemekaran,” kata Taufik, kemarin. 

Hal lain yang perlu dilakukan oleh tim pengusung adalah menyusun konsep atau kerangka yang jelas untuk menentukan ke arah mana kabupaten baru akan dibawa. Penyusunan kerangka tersebut, harus melibatkan seluruh elemen masyarakat mulai dari tingkat desa hingga kecamatan yang akan menjadi calon  daerah otonomi baru (DOB).  “Libatkan juga LSM, mahasiswa, dan kalangan pendidikan,” katanya. 


Konsep atau grand design itu selanjutnya agar disosialisasikan sehingga tercipta kesepahaman di antara masyarakat bahwa pemekaran merupakan kebutuhan bersama, bukan kepentingan elit atau kelompak seperti yang diperdebatkan selama ini.  “Sejauh ini, semangat pemekaran terkesan hanya ditingkat elit pengusung. Sementara di bawah, adem ayem saja. Padahal warga juga perlu disiapkan untuk menyongsong pemekaran.”

Menurut Taufik, semangat pemekaran yang bergulir pascapilbup harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Jika tidak, selamanya pemekaran akan dianggap sebagai wacana yang lahir setiap pascahajatan pilkada.
“Lepaskan semua kepentingan dan jangan berdebat pada masalah wadah perjuangan. Ajukan saja dulu usulan (keputusan BPD-red) ke DPRD,” tegasnya. 

Sementara itu, terkait hasil rapat di Desa/Kecamatan Salem mengenai restrukturisasi presidium sebagai wadah perjuangan pemekaran, Ketua Forkom Kades Zaenal Arifin dan Ketua Presidium drg Rozikin menyambut baik. Keduanya bahkan legawa jika restrukturisasi sebagai hasil dari rapat di Desa/Kecamatan Salem memaksanya untuk melepas jabatannya. 
 
 “Apapun hasilnya saya legawa. Presidium memang butuh semangat dan energi baru,” kata drg Rozikin.  Hal senada disampaikan Ketua Forkom Zaenal Arifin yang meminta seluruh elemen dilibatkan dalam presidium.
 

Kabar Brebes Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates