Friday, December 14, 2012

0 Mari Ungkap Jejak Sejarah Radikalisme Lokal Brebes



PanturaNews (Brebes) - Sejarahwan dan sosiolog Australia, Anton Lucas menyebutkan, daerah pantura salah satunya Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, adalah daerah yang penuh dengan sejarah. Kabupaten Brebes merupakan salah satu saksi sejarah bagi perjalanan hidup Bangsa Indonesia.

"Jadi, sebenarnya di Kabupaten Brebes masih banyak menyimpan jejak sejarah yang belum sepenuhnya terungkap," ujar Anton Lucas dalam acara diskusi sejarah dan kebangsaan yang diikuti oleh guru IPS tingkat SMP se-Kabupaten Brebes, di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes, Kamis 13 Desember 2012.


Sebagai pembicara dalam acara tersebut Rekso Setiyadi (penerbit buku Syarikat Indonesia), Mardianto (peneliti sejarah), dan Kasi Sejarah Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes, Wijanarto, Spd.

Hadir dalam acara diskusi tersebut Bupati Brebes, Hj. Idza Prianti, SE yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati bidang Kesra, Dra. Lely Mulyani, Mpd, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes, Dr. Angkatno, tokoh tiga zaman Suwardi Wirjaatmaja, anggota DPRD Brebes, Pamor Wicaksono serta Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Brebes, Drs. Atmo Tan Sidik.

Lewat acara tersebut, Lucas yang telah menerbitkan beberapa buku sejarah salah satunya berjudul Radikalisme Lokal, mencoba mengajak peserta diskusi yang kebanyakan adalah Guru IPS untuk mencoba menggali jejak jejak sejarah, terutama jejak radikalisme lokal yang pernah terjadi di Kabupaten Brebes ini.

Lukas menambahkan, Pabrik Gula dan Kampung Nelayan yang ada di Brebes sebetulnya sarat sekali dengan muatan sejarah. Oleh karena itu Lukas mencoba mengajak semua untuk mulai mengkaji dan meneliti, serta berharap diadakanya riset mini tentang kedua lokasi tersebut.

Selain Lucas, Rekso Setiyadi atau Yoyo, Mardianto, Serta Wijanarto, banyak mengatakan hal yang sama. Mereka semua juga siap jika suatu saat dibutuhkan saran dan bimbinganya dalam hal menilik jejak jejak sejarah yang ada di Kabupaten Brebes.

Sehingga diharapkan tokoh sekecil apapun yang memang ikut berperan dan terlibat dalam sejarah, mampu diangkat keberadaanya untuk diketahui oleh publik sebagai bagian dari sejarah.                                                                                                           
          
 

Kabar Brebes Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates