Monday, December 10, 2012

0 Jalur Bangbayang-Cilinduk Ambles

Lalu lintas kendaraan roda empat di jalur Bangbayang-Cilinduk (Desa Jipang) Kecamatan Bantarkawung, Brebes, lumpuh total. Pasalnya, sepanjang lebih kurang 30 meter badan jalan di Dukuh Bangbayang Girang, ambles.

“Badan jalan ambles sejak Sabtu (8/12) malam. Sampai sekarang kendaraan roda empat belum bisa lewat,” terang Kades Bangbayang Zaenal Arifin SAg, kemarin.


Menurut Kades, amblesnya badan jalan tersebut diawali hujan lebat sepanjang sore hingga malam. Dia mengakui, sebelum ambles, retakan sudah terjadi di titik tersebut. “Sejauh ini penanganan baru dilakukan dengan memasang rajek bambu untuk menahan badan jalan supaya tidak terjadi longsor susulan,” ujar Kades.  Bencana tersebut, lanjut Kades, sudah dilaporkan ke Pemkab melalui kecamatan setempat. Pihaknya berharap segera ada penanganan dari pemerintah, sehingga mobilitas dan perekonomian warga kembali lancar.

 “Pengiriman barang kebutuhan pokok atau bahan material dari Bangbayang menuju Cilinduk atau sebaliknya harus dilangsir,” kata dia.

Camat Bantarkawung H Edi Sunarso SIP  meminta masyarakat, utamanya yang tinggal di perbukitan meningkatkan kewaspadaan. Sebab berdasarkan catatan sebelumnya, 18 desa di Kecamatan Bantarkawung rentan akan bahaya tanah longsor.

“Kalau hujan turun dalam waktu yang lama, warga yang bermukim di perbukitan atau lereng sebaiknya mengungsi. Sikap waspada sangat diperlukan,” katanya.

Sumber: Suara Merdeka
 

Kabar Brebes Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates