Monday, December 17, 2012

0 Ciregol Kena Bencana Lagi

Hujan yang membuat Sungai Pedes kerap meluap mulai berdampak pada penanganan jalan Tegal-Purwokerto di Ciregol, Desa Kutamendala Kecamatan Tonjong, Brebes. 

Rabu malam (12/12) kemarin, bangunan pengaman tebing jalan Ciregol berupa pasangan blok beton terkunci porak poranda diterjang banjir. 

Kejadian tersebut seakan membenarkan prediksi pemasangan blok beton yang dimulai saat musim penghujan tiba akan sia-sia. 


Berdasarkan pengamatan di lokasi, siang kemarin, blok beton terkunci yang berfungsi sebagai pengaman tebing tersebut kondisinya sudah tidak utuh lagi. 

Beberapa bagian blok beton yang terbawa banjir masih dibiarkan berserakan di alur sungai Pedes. Sementara itu tebing jalan sebelah kiri dari arah Purwokerto juga mengalami longsor dalam skala kecil. “Pemasangan blok beton sudah selesai, tapi pada Rabu malam sekitar pukul 21.00, dihantam banjir hingga rusak,” ucap Dirun, salah seorang pekerja. 

Berapa volume bangunan pengaman tebing yang rusak tersebut, Dirun mengaku tidak tahu karena hanya bertanggungjawab pada pekerjaan bangunan talut dan drainase saja. Blok beton terkunci mulai dipasang pada Oktober lalu. Sejumlah warga mengkritik pemasangan tidak tepat dilakukan pada  musim penghujan. Kekuatan bangunan tersebut juga diperkirakan tidak bertahan lama karena alur Sungai Pedes tidak diluruskan (normalisasi-red).
 

Kabar Brebes Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates