Monday, November 19, 2012

0 Brebes Macet, Pedagang Gulung Tikar

Omzet pendapatan pelaku usaha di sepanjang jalur kemacetan pantura Brebes mulai mengalami penurunan. Itu setelah beberapa bulan ini tempat usaha mereka terhalang kemacetan lalu lintas akibat perbaikan jalan. Jika keadaan ini berlatur-larut mereka terancam gulung tikar.

"Gara-gara kemacetan jelas berpengaruh pada usaha saya. Penurunannya cukup tajam. Saya kira semua yang dagang di sepanjang jalan ini juga nasibnya sama," kata Purwanto (47), pemilik rumah makan Saung Daun Bawang di Jalan A Yani Brebes, Jumat (16/11). 


Dia mengaku, semenjak terjadinya kemacetan rutin pendapatan usahanya turun hingga hingga 70 persen. Sebelum ada kemacetan, dirinya bisa meraup laba hingga Rp 2 juta perhari. Namun kini paling banter hanya mendapat keuntungan Rp 500 ribu perhari. "Yang jelas pelanggan juga sudah jarang yang mampir karena jalannya macet dan sempit. Untuk keluar saja mungkin sudah malas apalagi mampir makan," tutur dia.

 Dikatakan, hasil yang didapat dari usahanya saat ini belum mampu menutup biaya produksi. Jika keadaan tidak membaik, Purwanto mengaku akan memilih menutup tempat usahanya bulan depan dan buka kembali menunggu kondisi sudah normal kembali. 

Purwanto hanyalah salah satu pelaku usaha. Di sepanjang jalur yang kerap dilanda kemacetan terdapat ribuan lagi pelaku usaha dengan beragam skala usaha. Mereka berejejer di Jalan P Diponegoro, Jalan Ahmad Yani, Jl Gajah Mada dan sebagian berada di Jalan Jenderal Sudirman. Ruas-ruas tersebut merupakan jalur yang kerap di landa kemacetan imbas perbaikan di Jalan A Yani dahn Gajah Mada serta Jembatan Pemali. Mereka kini juga terancam gulung tikar akibat pendapatan anjlok.

Purwanto sendiri mengaku menyayangkan perbaikan jalan yang tidak mempertimbangkan efek kepada masyarakat luas tersebut. Apalagi, sesuai informasi yang didapat Surat Perintah Kerja (SPK) proyek perbaikan Jalan A Yani sudah turun sejak Maret lalu, namun pekerjaan mulai dilaksanakan setelah Lebaran atau bulan September.  "Ini bukti perencanaan perbaikan yang kurang matang," tandasnya.
 
Sumber: radartegal.com
 

Kabar Brebes Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates