Monday, November 19, 2012

0 Apa Solusi Pemekaran Brebes

Hj. Rustriningsih
Wakil Gubernur Jawa Tengah Hj Rustriningsih memandang munculnya wacana pemekaran di suatu daerah merupakan hal wajar. Menurutnya, hal itu bisa terjadi jika pemerintah daerah tidak melakukan upaya untuk mengurangi beban masyarakat yang timbul akibat adanya beberapa permasalahan yang ada

Menurut dia, Kabupaten Brebes termasuk dalam tiga terbesar kabupaten di wilayah Jawa Tengah. Baik dari segi luasan maupun jumlah penduduk.

 "Kondisi ini cukup menimbulkan beban kepada pemerintah daerah. Sehingga bagaimana konsentrasi Pemda maupun Pemprov untuk membantu memecahkan kendala yang ada di masyarakat, tanpa harus menunggu proses pemekaran," ungkapnya, saat berada di Tonjong, Kamis (16/11)


Dikatakan, yang perlu mendapat perhatian adalah apa yang menjadi keluhan masyarakat sehingga menuntut terjadinya pemekaran. Rata-rata adalah terkait dengan hal yang mungkin dirasakan adanya ketidakadilan, infrastuktur, pelayanan publik, pelayanan umum yang dirasakan masyrakat sangat berat hingga memunculkan biaya tinggi.

"Yang perlu diperhatikan oleh pemerintah daerah saat ini adalah bagaimana mencarikan solusi agar keluhan masyarkaat itu sedikit demi sedikit berkurang. Tapi jika saat pemerintah menangkap keluhan tersebut dan berupaya mengurainya, saya kira semua harus bersabar bahwa sudah ada itikad baik dari pemerintah," terangnya.

Dia mengaku sudah mendengar keluhan maupun keinginan masyarakat terkait dengan adanya pemekaran wilayah di Kabupaten Brebes ini. Namun sejauh ini dirinya memilih untuk mendengar sekaligus memperlajari apa pemicu dari kondisi tersebut.

"Karena dari sisi regulasi, kalaupun memungkinkan namun ada proses panjang yang harus ditempuh. Ada kewenangan pemerintah pusat, ada provinsi dan kabupaten sendiri seperti apa?," pungkasnya.
 
Sumber: radartegal.com
 

Kabar Brebes Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates