Thursday, May 16, 2019

0 Warga Brebes Harus Ikut Menikmati Kue Pembangunan Infrastruktur!

Kerusakan Jalan di Kabupaten Brebes - Foto Suara Merdeka

Bukan rahasia jika Kabupaten Brebes memiliki ratusan kilometer jalan rusak dan infrstruktur pendukung lainnya dalam kondisi memprihatinkan. Saatnya, warga lokal ikut menikmati pembangunan fisik ini.
 
Berdasarkan data yang ada, Pemerintah Kabupaten Brebes menyatakan bahwa ada 218 km ruas jalan di kabupaten ikon bawang merah ini mengalami kerusakan. Sayangnya, anggaran pemerintah kabupaten dianggap kurang sehingga terpaksa meminta bantuan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Secara keseluruhan, panjang ruas jalan di Brebes sepanjang 710 km. Pada Desember 2018, terungkap hanya 492 km yang kondisinya baik. Dari 218 km yang rusak, sekitar 106,3 km dalam kondisi rusak parah. Tentu saja ini bukan kondisi ideal mengingat kebutuhan warganya untuk mobilitas barang dan jasa terhitung tinggi.

Yuk, Ikut Terjun Membangun!

Meski masih belum mencukupi, namun pada tahun 2019 ini Pemkab Brebes melalui DPU telah mengalokasikan anggaran Rp 101,56 miliar. Selain jalan raya yang mengalami kerusakan, Pemkab Brebes juga menganggarkan Rp 6 miliar untuk perbaikan infrastruktur irigasi. Tujuan dari proyek terakhir adalah menggenjot produksi pertanian. 

Melihat lumayan banyaknya gelontoran dana untuk infrastruktur, sudah seharusnya masyarakat Brebes ikut menikmati kue pembangunan di atas. Jangan lagi para pengusaha jasa konstruksi luar daerah yang menikmati proyek miliaran rupiah ini. Tentu saja, bukan sembarang warga yang bisa berpartisipasi. Kualifikasi dan kapabilitas tetap nomor satu agar bisa ikut serta dalam pembangunan.

Bagi warga Brebes yang ingin ikut membangun infrastruktur, sebaiknya mendirikan perusahaan jasa kontruksi. Jika ingin sukses, usahakan perusahaan yang didirikan mengetahui Panduan Lengkap Persyaratan SIUJK di Tahun 2019 ini. Sebab jika perusahaan yang didirikan asal-asalan, jangan harap bisa memenangkan tender yang diadakan Pemkab Brebes.

Pastikan juga mengetahui dengan baik syarat dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk ikut tender dari pemerintah kabupaten Brebes ini. Dengan pengetahuan yang cukup akan hal tersebut, maka pengusaha bisa melakukan pertimbangan yang matang ketika hendak mendirikan perusahaan jasa konstruksi. Ingat, jangan mendirikan perusahaan atas pertimbangan emosional. Maka, kamu harus Pilih Kualifikasi SIUJK Berdasarkan Kemampuan atau Peluang Tender?

Agar peluang memenangkan tender proyek infrastruktur di Kabupaten Brebes makin besar, sebaiknya pelajari bagaimana caranya memenangkan lelang yang baik di artikel Mau Menang Tender SIUJK? Siapkan Beberapa Hal Berikut! Tanpa persiapan yang mendasar seperti diungkap dalam artikel tersebut, agak mustahil bisa memenangkan tender infrastruktur di Kabupaten Brebes.

Sesudah memahami dengan baik berbagai informasi di atas, sebaiknya pengusaha segera mendirikan perusahaan dan mengurus perizinannya. Makin cepat dilakukan, makin besar peluang untuk mengerjakan proyek infrastruktur di Brebes. Semoga sukses berpartisipasi!



  

Thursday, October 25, 2018

0 Warga Brebes, Kamu Bisa Bikin Perusahaan di Virtual Office Loh!


Saat ini, banyak kemudahan yang dihadirkan agar usaha rintisan (start-up) bisa berjalan optimal dengan budget minimal. Salah satunya adalah penggunaan virtual office sebagai alamat perusahaan. Nantinya, alamat tersebut akan muncul dalam dokumen legalitas perusahaan, mulai dari akta pendirian, SIUP, hingga TDP.

Secara harfiah, virtual office atau kantor maya adalah penyediaan alamat bagi sebuah perusahaan tanpa menyediakan ruang kantor khusus. Tentu ini berbeda dengan konsep kantor yang selama ini ada dalam kepala kita semua, termasuk sebagian besar warga Brebes bukan? Jika selama ini kantor digambarkan sebagai bangunan fisik, maka virtual office sedikit mengikis anggapan umum tersebut.

Bagi warga Brebes pada umumnya, konsep virtual office mungkin belum familiar. Namun di kota-kota besar di mana harga sewa kantor fisik amat menguras kantong, pemilihan virtual office bisa jadi pilihan. Salah satu kelebihan dari layanan ini adalah kita bisa bikin perusahaan di virtual office. Layanan ini membuat legalitas sebuah perusahaan bisa didapatkan dengan biaya yang lebih terjangkau.

Ini Keuntungan Bikin Perusahaan di Virtual Office

Lalu, kenapa banyak perusahaan rintisan atau start-up yang menggunakan virtual office? Berikut sederet keuntungan yang bisa didapatkan oleh pelakun usaha:

1.    Punya alamat strategis dan bonafid
Menyewa kantor fisik di kawasan strategis sebuah kota besar tentu akan menghabiskan banyak uang. Dengan memilih bikin perusahaan di virtual office, kamu bisa menekan biaya ini. Layanan sejenis ini umumnya terdapat di gedung perkantoran di area komersial yang strategis. Memiliki alamat yang strategis membuat perusahaan kamu terlihat lebih profesional dan bonafid.

Jika penyedia memiliki layanan co-working space, sebaiknya kamu juga memanfaatkan hal tersebut sebaik mungkin. Umumnya, menyewa virtual office akan diberi bonus gratis pemakaian co-working space. Hal ini tentu kesempatan yang baik bagi pelaku usaha untuk berkolaborasi dengan orang-orang lain yang juga menyewa virtual office atau co-working space.


2.    Terhindar dari stres kemacetan
Salah satu masalah yang menjadi sumber menurunnya kinerja dan produktivitas pekerja adalah kemacetan. Kondisi ini umum terjadi di kota-kota besar di mana waktu tempuh dari rumah menuju kantor dan sebaliknya bisa lebih dari 1 jam. Sebuah kondisi yang mungkin jarang ditemukan di Brebes bukan?

Untuk memangkas waktu yang terbuang sia-sia tersebut, akhirnya banyak perusahaan yang memilih menyewa virtual office. Banyak yang mengapresiasi layanan ini karena para pekerja dinilai lebih produktif dan fokus dalam bekerja. Ini masuk akal mengingat mereka kini terbebas dari stress di perjalanan.

3.    Karyawan lebih aktif bergerak
Keuntungan lain memilih bikin perusahan di virtual office adalah memiliki karyawan yang lebih aktif. Hal tentu menjadi kabar baik mengingat hasil riset para peneliti di School of Public Health University of Sydney di Australia cukup menakutkan. Riset tersebut menemukan fakta bahwa duduk di meja Anda selama lebih dari 11 jam sehari meningkatkan risiko kematian lebih dari 40% dalam tiga tahun ke depan.

Dengan memilih virtual office, pekerja dibebaskan bekerja dari mana saja asal terhubung dengan internet. Tentu saja ini akan membuat pekerja secara otomatis lebih banyak bergerak daripada bekerja di kantor fisik pada umumnya.

4.    Waktu fleksibel
Warga Brebes yang memilih bikin perusahaan di virtual office tentu memiliki waktu lebih fleksibel dibanding jika harus bekerja seharian di kantor fisik. Pekerja diberi keleluasaan untuk mengelola waktu secara mandiri. Hal ini membuat kehidupan pekerja lebih seimbang antara urusan pribadi dan pekerjaan.

5.    Bisa berkolaborasi tanpa batas
Jika kamu memilih membuat perusahaan di virtual office, keuntungan yang diperoleh salah satunya adalah bisa berkolaborasi dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia. Jadi jangan heran jika kamu terasa memiliki banyak cabang usaha di berbagai negara. Talenta hebat di berbagai belahan dunia ini bisa saja menjadi wakil perusahaan di negara asalnya. Tentu ini lebih murah daripada kamu sendiri yang bertemu dengan klien.

Aneka keuntungan tersebut bisa diperoleh warga Brebes jika membikin perusahaan di virtual office. Jika di Brebes layanan ini belum ada, maka bergeserlah ke kota-kota besar seperti Semarang, Surabaya, atau Jakarta. Di ota-kota besar tersebut, layanan virtual office atau co-working space lebih mudah ditemukan.


Sumber Referensi:




 

Monday, September 3, 2018

0 Agar Sukses Dapat Izin Usaha dari Sistem OSS, Warga Brebes Harus Paham Zonasi


Salah satu poin penting dari sistem OSS adalah adanya pemenuhan komitmen lokasi. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu harus paham sistem zonasi di wilayah yang kamu tempati. 

Setiap orang sebaiknya mengetahui peruntukan lahan yang akan digunakan untuk membuka usaha. Untuk itulah, perlu dipahami dengan baik peraturan zonasi di sebuah daerah. Biasanya, aturan ini diterapkan dalam peraturan daerah. Brebes misalnya, menuangkan masalah ini dalam Peraturan Daerah Kabupaten Brebes No. 2 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Brebes Tahun 2010 – 2030.

Peraturan zonasi sendiri dalam Perda tersebut diartikan sebagai ketentuan yang mengatur tentang persyaratan pemanfaatan ruang dan ketentuan pengendaliannya dan disusun untuk setiap blok/zona peruntukan yang penetapan zonanya dalam rencana rinci tata ruang. Perda tersebut disusun sebagai pedoman pengendalian pemanfaatan ruang, serta menjadi dasar penyusunan peraturan zonasi dalam rencana rinci tata ruang untuk setiap zona peruntukkan ruang yang lebih detail.

Sebelum kamu mendirikan usaha di sebuah lokasi di wilayah Kabupaten Brebes dan mendaftarkannya melalui sistem OSS, sebaiknya ketahui dahulu zonasinya. Sebagaimana kita tahu, Pemerintah Kabupaten Brebes membagi wilayahnya dalam berbagai zonasi di bawah ini:
  1. sistem perkotaan; 
  2. sistem jaringan transportasi; 
  3. sistem jaringan energi; 
  4. sistem jaringan telekomunikasi; 
  5. sistem jaringan sumberdaya air; 
  6. kawasan lindung; dan 
  7. kawasan budidaya

Ketika pelaku usaha ingin memperoleh izin pemanfaatan ruang yang tidak sesuai dengan rencana tata ruang wilayah, maka akan dibatalkan oleh pemerintah dan pemerintah daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan. Demikian juga jika Izin pemanfaatan ruang yang dikeluarkan dan/atau diperoleh dengan tidak melalui prosedur yang benar, maka akan batal demi hukum. Bagi setiap pejabat pemerintah yang berwenang menerbitkan izin pemanfaatan ruang dilarang menerbitkan izin yang tidak sesuai dengan rencana tata ruang.

Sebelum kamu daftar perizinan usaha di sistem OSS, kamu harus paham dahulu bagaimana caranya mendapatkan perizinan lokasi. Jika ingin memanfaatkan tata ruang di Kabupaten Brebes, maka pelaku usaha kemungkinan akan mendapatkan salah satu izin berikut ini:

  1. izin prinsip; 
  2. izin lokasi; 
  3. izin penggunaan pemanfaatan tanah (IPPT); 
  4. izin mendirikan bangunan; dan 
  5. izin lain berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Lalu Bagaimana dengan Sistem OSS?

Dalam Peraturan Presiden No. 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, ada yang disebut dengan komitmen. Dalam peraturan tersebut, komitmen adalah pernyataan pelaku usaha untuk memenuhi persyaratan izin usaha dan/atau izin komersial atau operasional. Jika pemenuhan komitmen tidak dilakukan oleh pelaku usaha, maka bisa saja perizinan yang sebelumnya sudah didapat dibatalkan oleh Lembaga OSS.

Adapun pemenuhan komitmen yang disyaratkan oleh Lembaga OSS untuk pelaku usaha dapat berupa:

  1. Izin Lokasi;
  2. Izin Lokasi Perairan;
  3. Izin Lingkungan; dan/atau
  4. IMB.

Jika perusahaan yang kamu dirikan membutuhkan izin lokasi, maka kamu wajib  menyampaikan permohonan pemenuhan Komitmen Izin Lokasi paling lama 10 (sepuluh) Hari sejak Lembaga OSS menerbitkan Izin Lokasi. Pemenuhan Komitmen dilakukan oleh Pelaku Usaha melalui Lembaga OSS dengan menyampaikan persyaratan pertimbangan teknis pertanahan kepada kantor pertanahan tempat lokasi usaha dan/atau kegiatan. Pertimbangan teknis diberikan kantor pertanahan tempat lokasi usaha dan/atau kegiatan dalam jangka waktu paling lama 10 (sepuluh) Hari untuk selanjutnya disampaikan kepada Pemerintah Daerah kabupaten/kota tempat lokasi usaha dan/atau kegiatan.

Dalam hal kantor pertanahan tempat lokasi usaha tidak memberikan pertimbangan teknis dalam jangka waktu di atas, pertimbangan teknis dianggap telah diberikan sesuai permohonan Pelaku Usaha. Pemerintah Daerah kabupaten/kota tempat lokasi usaha dan/atau kegiatan  dalam jangka waktu 2 (dua) Hari menyetujui pemenuhan Komitmen Izin Lokasi, dalam hal kantor pertanahan:

  1. memberikan persetujuan dalam pertimbangan teknis; atau
  2. lebih dari 10 (sepuluh) Hari tidak memberikan pertimbangan teknis.

Pemerintah Daerah kabupaten/kota tempat lokasi usaha dan/atau kegiatan sebagaimana dalam jangka waktu 2 (dua) Hari menolak pemenuhan Komitmen Izin Lokasi dalam hal kantor pertanahan memberikan penolakan dalam pertimbangan teknis. Dalam hal kantor pertanahan dan/atau Pemerintah Daerah kabupaten/kota tempat lokasi usaha dan/atau kegiatan memberikan penolakan, Izin Lokasi dinyatakan batal. Dalam hal Pemerintah Daerah kabupaten/kota tidak memberikan persetujuan dalam jangka waktu, Izin Lokasi yang diterbitkan oleh Lembaga OSS efektif berlaku.

Jika kamu ingin terbebas dari pemenuhan komitmen, maka pastikan lokasi usaha kamu sesuai zonasi. Sebab, sistem OSS membebaskan pelaku usaha dari pemenuhan komitmen salah satunya jika tanah lokasi usaha dan/atau kegiatan terletak di lokasi yang telah sesuai peruntukannya menurut RDTR dan/atau rencana umum tata ruang kawasan perkotaan.

Tuesday, August 21, 2018

0 Izin Usaha Lewat OSS, Warga Brebes Tak Perlu Ngantri


Selama ini, tak sedikit pelaku usaha di daerah yang menunda-nunda mengurus legalitas bisnisnya. Kini, ada pengurusan izin usaha lewat OSS yang bisa dilakukan di mana saja di seluruh Indonesia selama tersambung internet.

OSS alias Online Single Submission adalah perizinan usaha yang terintegrasi secara elektronik. Melalui sistem ini, investor dapat mengurus perizinan usaha secara online dari mana pun dan kapan pun. Sistem ini diluncurkan sebagai jawaban atas lamban dan berbelitnya pengurusan izin di Indonesia.

Berbagai bentuk usaha bisa melakukan proses pengajuan izin. Pelaku usaha baik berbeentuk perseroan terbatas (PT), firma, persekutuan komanditer (commanditaire vennootschap/CV) koperasi, maupun usaha kecil dan menengah (UKM) bisa mengurusnya di OSS. Prosesnya pun tidak rumit, pelaku usaha hanya perlu mendaftarkan usahanya melalui NIK yang terdapat dalam KTP dan NPWP.

Pastikan NPWP Pelaku Usaha Diperbaharui

Salah satu elemen paling penting dari sistem OSS adalah terkoneksinya perpajakan seseorang. Jika NPWP pelaku usaha belum diperbaharui atau memiliki masalah terkait pajak, maka jangan harap perizinan bisa diajukan.

Namun, OSS juga memberikan solusi terkait hal ini. Jika kemudian pelaku usaha dideteksi memiliki pajak yang belum sesuai, maka mereka akan memberi ruang kepada pelaku usaha untuk memperbaikinya. Pelaku usaha hanya perlu mengisi formulir perbaikan NPWP yang disediakan. 

Karena sistem OSS ini masih baru, kemungkinan integrasi perpajakan pelaku usaha bisa mengalami kendala. Untuk meminimalisir hal tersebut, sebaiknya pelaku usaha sedini mungkin meng-update kewajiban pajaknya hingga tuntas. Jika sudah tuntas, maka pendaftaran bisa dilakukan dengan lancar.

Izin Usaha dengan Sistem OSS dari Brebes Juga Bisa

Sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa sistem OSS bisa digunakan di mana saja, kapan saja selama pelaku usaha terkoneksi dengan internet. Hanya saja, kemungkinan pemenuhan komitmen setiap daerah akan berbeda. Jika daerahnya sudah memiliki RDTR (Rencata Detail Tata Ruang), maka pemenuhan komitmen izin lokasi mungkin tidak perlu dilakukan. Tentu saja jika lokasi usaha sudah sesuai peruntukannya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pelaku usaha untuk mengetahui peruntukkan lokasi yang hendak dijadikan tempat usahanya. Tak ada salahnya menghubungi pihak berwenang setempat untuk memastikannya. Maklum, tidak semua daerah memiliki perda yang mengatur RDTR, dahulu bernama RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah)

Brebes sendiri sudah memiliki Peraturan Daerah Kabupaten Brebes Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Brebes Tahun 2010 - 2030. Kabar terkini menyebutkan bahwa perda tersebut sedang dipersiapkan untuk direvisi. Semoga revisi tersebut berjalan lancar sehingga makin memudahkan pelaku usaha di Kabupaten Brebes untuk memperoleh izin usaha melalui sistem OSS.

Para pengusaha di Brebes sebaiknya memanfaatkan sistem tersebut karena mereka akan mendapatkan aneka kemudahan dari pemerintah. Adapun kemudahan yang dijanjikan antara lain mendapatkan insentif fiskal, seperti tax holiday, tax allowance, dan Pajak Penghasilan (PPh) 0,5% kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).  Semua hal tersebut akan masuk ke dalam sistem sehingga investor tidak hanya mendapat izin tapi juga informasi insentif.

Jadi, para pengusaha jangan takut lagi dengan aneka pungli dan belibetnya birokrasi. Kini, gunakan saja sistem OSS untuk mendapatkan legalitas usaha di Kabupaten Brebes.



Tuesday, August 14, 2018

0 Untuk Prosedur Pembuatan PT yang Baik, Brebes Sudah Melakukannya?


Jakarta menjadi contoh yang baik dalam prosedur pembuatan PT. Dengan hadirnya PTSP dan JakEvo, proses mengurus legalitas usaha makin mudah dan makin menihilkan kesepakatan di bawah meja alias suap-menyuap. Keren!

PTSP sendiri merupakan singkatan dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Layanan tersebut diadakan untuk mempermudah proses perizinan dalam mendirikan suatu usaha. Sebagaimana kita tahu bahwa proses tersebut merupakan salah satu prosedur yang selama ini dikeluhkan para pelaku bisnis. Banyak yang menganggap mengurus proses perizinan di Indonesia terlalu lama.

Untuk memastikan bahwa Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) melaksanakan tugasnya dengan baik, maka pemerintah menuangkan aturan main dalam bentuk peraturan presiden. Adalah Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2014 yang menjadi dasar keberadaan PTSP. Dalam aturan tersebut, layanan ini berada di bawah kendali Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Salah satu alasan pembentukan PTSP ini merupakan langkah bagus dalam rangka mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Keberadaanya tersebut diluncurkan untuk memperpendek proses pelayanan guna mewujudkan pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, kepastian, dan terjangkau. Dengan keberadaannya, tak ada lagi proses yang tidak bisa dipantau oleh pihak yang mengajukan perizinan.

Selain PTSP, DKI Jakarta juga meluncurkan layanan JakEvo. Layanan tersebut merupakan aplikasi pelayanan terpadu satu pintu yang dikembangkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta. Aplikasi itu bisa diakses di komputer atau telepon pintar untuk pengajuan perizinan dan non-perizinan surat izin usaha perdagangan (SIUP) dan tanda daftar perusahaan (TDP). Dengan keberadaan aplikasi ini, prosedur pembuatan PT makin mudah dan cepat. Tentu saja hal tersebut harus dibarengi dengan kelengkapan dokumen persyaratan yang diajukan oleh pemohon.

Bagaimana dengan Brebes? Ternyata Kabupaten Brebes juga memiliki PTSP. Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Brebes berada di Jl. Jenderal Sudirman No. 111, Kabupaten Brebes 52212. Jika lokasi kantor tersebut jauh dari rumah, maka silakan kunjungi situsnya di http://dpmptsp.brebeskab.go.id. Saat mencoba menggunakannya, situs ini cukup interaktif sehingga mudah dipakai.

Anda bisa mengajukan berbagai izin jika hendak melakukan kegiatan usaha di Kabupaten Brebes. Adapun izin yang bisa dilakukan di situs tersebut antara lain: izin lingkungan, izin lokasi, SIUP, TDP, SIUJK, TDUP, hingga Izin Operasi Menara Telekomunikasi. Aneka izin yang bisa diproses di website ini membuktikan bahwa prosedur pembuatan PT di Brebes tidak seseram yang dibayangkan para pelaku usaha.

Apakah layanan tersebut sudah seperti diharapkan atau belum tentu bisa berbeda pada setiap orang. Bagaimana dengan pengalaman Anda dalam proses pembuatan PT di Brebes? Sudah sesuaikah dengan tujuan didirikannya PTSP untuk mewujudkan pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, kepastian, dan terjangkau?

 

Kabar Brebes Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates