Tuesday, February 26, 2013

1 Proyek Jalan Lingkar Utara Tegal-Brebes Terhenti


Proyek jalan lingkar utara yang menghubungkan Tegal-Brebes terpaksa terhenti karena kontraktor tidak dibayar dalam dua bulan terakhir.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto (Djokir) membenarkan hal ini. Menurutnya masih terdapat beberapa urusan administratif yang belum terselesaikan termasuk dengan Bank Dunia selaku pemberi pembiayaan atau utang proyek.

"Saya kemarin ke sana, saya lihat, memang pemborong sekarang agak terengah-engah. Ada Rp 16 miliar seharusnya terbayar, ternyata belum terbayar, ya karena masih ada amandemen kontrak, ada pinjaman yang perlu disetujui Bank Dunia dan sebagainya. Itu yang belum selesai," kata Djoko saat ditemui di Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Selasa (26/2/2013).

Djoko mengatakan, porsi pembiayaan dari proyek ini berasal dari 30% dana pemerintah melalui APBN, dan 70% berasal dari pinjaman Bank Dunia. Menurutnya, porsi pembiayaan yang dibebankan kepada pemerintah telah selesai.

"Dari pemerintah lancar, porsi kita 30 persen, jadi semisal pembayaran Rp 10 miliar, Rp 3 miliar dari pemerintah sudah selesai. Yang besar itu dari Bank Dunia," katanya.

Dijelaskan Djoko, pemerintah sedang mengupayakan agar masalah ini cepat terselesaikan dan proyek kembali berjalan. Djoko mengaku mengambil pelajaran dari hal ini.

"Sudah saban hari saya mereka telepon mereka datang. Makanya arahan saya, kalau tidak terpaksa jangan berutang," pungkasnya.

Seperti diketahui, Selama sepekan terakhir aktivitas pembangunan jalan lingkar utara (Jalingkut) sepanjang 17 kilometer yang menghubungkan Tegal-Brebes, Jawa Tengah berhenti total. Proyek jalan yang sebelumnya penuh dengan kegiatan pembangunan jalan tersebut kini nampak sepi.

Sejumlah material jalan yang ada di ruas pembangunan jalan tersebut terbengkalai menyusul ditariknya sejumlah peralatan dan tenaga kerja yang ada di areal pembangunan jalan jalur lingkar tersebut.

Sejumlah pekerja mengatakan mereka tak melakukan aktivitas di proyek tersebut karena kontraktor pengerjaan jalan tersebut tidak di bayar dalam dua bulan terakhir.
 

Kabar Brebes Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates