Wednesday, January 9, 2013

0 Peternak Brebes Menganggur


Paskaserangan virus flu burung atau avian influenza (AI) yang mematikan puluhan ribu ekor itik, membuat para peternak di Kabupaten Brebes saat ini menganggur. Mereka tak bisa beraktivitas karena sudah tidak mempunyai ternak yang dipelihara. Mereka kini juga hanya bisa pasrah karena terlilit hutang di bank yang belum terbayarkan.

Bahkan, bantuan modal yang pernah dijanjikan pemerintah hingga kini juga belum diterimannya. Padahal, bantuan modal itu yang sangat peternak harapkan agar bisa kembali berkativitas dan bisa membayar cicilan hutang di bank.

Kondisi demikian, seperti yang dialami Duladi (33), peternak itik asal Kelurahan Limbangan Kulon, Kecamatan Brebes. Ia kini hanya pasrah karena ratusan itiknya mati akibat serang flu burung. Kandang itik yang dimiliknya, saat ini juga dibiarkan kosong tidak ada itik yang dipeliharanya.

Untuk mengisi kegiatan sehari - hari, ia hanya membereskan kandang ternak itiknya yang kosong. "Dari 600 ekor itik yang saya pelihara, semuanya ludes oleh flu burung. Sementara saat ini saya sudah ndak punya modal, sehingga terpaksa kandang dibiarkan kosong," tuturnya, Rabu (9/1).

Dia mengatakan, bantuan modal kini sangat diharapkan para peternak. Sebab, untuk pinjam modal di bank, peternak tidak bisa karena terbentur pinjaman modal sebelumnya. Bahkan, pinjaman itu kini kesulitan untuk dicicil karena usaha terpuruk akibat flu burung.

"Harapan kami satu satunya adalah kucuran bantuan modal dari pemerintah. Bahkan, Menteri Pertanian saat berkunjung di Brebes juga menjanjikan itu," ungkapnya.

Duladi menuturkan, akibat serangan flu burung itu, usahanya kini terancam gulung tikar. Kerugian yang dialami hampir mencapai Rp 50 juta. Padahal, modal usaha yang dikantongi itu merupakan pinjaman dari bank. "Ya mau apa lagi, saya sekarang hanya bisa pasrah dan, hanya berharap kepada pemerintah untuk memberikan bantuan modal," sambungnya.

Hal senada dikatakan Urip (40), peternak lainnya. Dia dan peternak lain sangat berharap bantuan modal pemerintah secepatnya disalurkan. Sebab, dari bantuan itu peternak bisa kembali beraktivitas, sehingga, beban hutang modal di bank bisa dibayarkan.
 

Kabar Brebes Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates