Tuesday, December 11, 2012

0 Rumah Tak Layak Huni di Paguyangan


Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Ratusan rumah tidak layak huni dan sangat tidak memenuhi standar kesehetan minimal. Rumah yang berada di Desa Kedungoleng, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah, itu umumnya berukuran kecil dihuni warga tidak mampu yang sehari-hari umumnya berprofesi sebagai buruh.

"Dari jumlah total rumah warga sebanyak 2600 ada 298 rumah tidak layak huni, warga terpaksa tetap mendiaminya karena tidak memiliki kemampuan untuk membangun rumahnya," kata Kepala Desa Kedungoleng, Suwaryo kepada PanturaNews.Com, Selasa 11 Desember 2012.


Rumah tidak layak huni tersebut kondisinya sangat memprihantikan. Selain lantainya belum diplester dan tidak memiliki jendela yang memadai juga tidak memiliki tempat mandi cuci kakus (MCK). "Kondisinya memperihatinakan, sangat tidak memenuhi standar kesehetan minimal," kata Suwaryo.

Menurutnya, upaya untuk membantunya telah dilakukan dengan mengajukan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, untuk mendapatkan bantuan rehab rumah tidak layak huni. Meski begitu, hingga kini belum ada kejelasan. Bahkan berkas pengajuannya juga telah dikembalikan untuk diperbaiki lagi.

"Kami sudah melakukan pendataan dan kami ajukan ke Pemkab untuk mendapatkan bantuan rehab, tapi berkasnya dikembalikan untuk dilakukan perbaikan," kata Suwaryo.

Dikatakan, berkas pengajuan bantuan rehab rumah tidak layak huni dikembalikan untuk dilakukan perbaikan yang meliputi pencamtuman Nomor Induk Kependudukan (NIK). Selain itu, pengajuan proposal bantuan dilakukan oleh panitia Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) yang ada di desa.<

"Untuk menjamin bantuan itu tidak salah sasaran saratnya harus sesuai nama dan alamat, atau by name by addres dan pengajuannya oleh UPK," pungkas Suwaryo.

Sementara itu, diperoleh penjelasan dari Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Paguyangan, Sutarko menurutnya, wilayahnya kerjanya masuk dalam daftar yang akan mendapatkan bantuan rehabilitasi rumah tak layak huni dari pemerintah. Rencananya Rabu 12 Desember 2012 akan ada sosialisasi dari dinas terkait yang akan diikuti oleh Kepala Desa se-Kecamatan Paguyangan.

"Kita tunggu saja nanti penjelasan dari dinas terkait yang akan dilaksanakan Rabu besok," katanya.

Sumber: PanturaNews
 

Kabar Brebes Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates