Friday, December 7, 2012

0 Pemuda Pelopor Brebes Kalah Saing

Peran aktif pemuda dalam mengembangkan dunia pendidikan, kebudayaan, seni dan pariwisata di Kabupaten Brebes ternyata belum bisa bersaing dengan daerah lain. Terbukti, sampai dengan ini pemuda pelopor asal Kabupaten Brebes belum pernah bisa mengungguli pemuda pelopor dari daerah lain di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Seksi Pemuda Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga (Disparbudpora) Kabupaten Brebes Andri Firdaus MPd Kamis (6/12) mengatakan, saat ini peran pemuda di Kabupaten Brebes dalam mengembangkan potensi lokal baik di bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata dan seni memang masih tergolong rendah. Mereka masih belum mampu mengembangkan potensi lokal untuk bersaing dengan pemuda daerah lain. 


Menurutnya, tiap tahun dinasnya selalu melakukan penyaringan terhadap pemuda pelopor untuk diajukan dalam lomba pemuda pelopor tingkat provinsi. Namun pada kenyataanya mereka tidak pernah meraih prestasi yang diharapkan. "Kualitas pemuda dari daerah lain yang jauh lebih baik membuat pemuda daerah kita kalah saing," ujar Andri. 

Untuk mengubah image pemuda kita, lanjutnya, perlu diadakan pelatihan-pelatihan dalam penguasaan ketrampilan (life skill) bagi mereka. Selain untuk mengembangkan potensi lokal, pelatihan yang diberikan juga dimaksudkan untuk mengurangi ketergantungan pemuda terhadap orang lain. Dengan demikian, mereka nantinya bisa lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan ekonomi.

Selain itu, penguasaan ketrampilan juga bisa membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran pada usia produktif. Namun demikian, ujar Andri, saat ini seksi kepemudaan di Disparbudpora belum memiliki anggaran khusus untuk mengadakan pelatihan yang dimaksud. "Ini memang menjadi persoalan tersendiri, mengingat kami juga tidak memiliki anggaran khusus untuk mengadakan pelatihan ketrampilan bagi pemuda," jelasnya.

Sumber: Radar Tegal
 

Kabar Brebes Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates